Home » » Analisis SWOT dalam Berwirausaha

Analisis SWOT dalam Berwirausaha

Written By Hidayat Jayagiri on Wednesday, October 17, 2012 | 1:18 AM

Dalam berwirausaha, faktor mental dan pola pikir menjadi faktor utama dalam mengembangkan bisnis. Ini berhubungan dengan sumberdaya manusia dalam mengenali dirinya sendiri. Salah satu yang bisa digunakan dalam pengembangan bisnis adalah menggunakan analisis SWOT. Analisis  SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, Threats) merupakan bagian penting saat mengurus kegiatan berbisnis. Hal ini karena salah satu fungsi dari analisis ini dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan posisi usaha.

Penggunaan analisis SWOT akan mampu menganalisis karakteristik usaha dan lingkungan yang mungkin saja akan sangat berpengaruh dalam pengambilan kebijakan-kebijakan dalam usaha Anda. Analisis SWOT selain untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan usaha, juga menganalisis kekuatan dan kelemahan pesaing usaha Anda.

Apa saja SWOT itu? Berikut ini penjelasannya.

1. Strength (Kekuatan)

Dengan mengetahui kekuatan, Anda seharusnya mampu meningkatkan lebih baik lagi kekuatan usaha Anda, mungkin saja dengan membuat cirri khas dari usaha anda yang akan membuat usaha Anda dapat dibedakan dengan usaha sejenis yang sudah mulai tumbuh.

2. Weakness (Kelemahan)

Faktor ini sebaiknya dianalisis dengan baik dan perlu dipikirkan bagaimana caranya untuk dikurangi atau syukur-syukur bisa diatasi lebih tuntas sehingga posisi usaha Anda aman dari pesaing.

3. Opportunities (Peluang)

Tentu banyak peluang-peluang atau kesempatan yang bisa anda kembangkan dalam usaha anda, baik mengembangkan lebih banyak produk ataupun mengekspansi ke pasar yang lebih luas. Juga mungkin adanya peluang dengan hadirnya teknologi-teknologi yang lebih membuat usaha anda makin maju dari sebelumnya.

4. Threats (Ancaman)

Faktor ini juga perlu Anda perhatikan dalam pengembangan usaha Anda. Salah-salah malah bisa membuat usaha Anda gulung tikar. Seperti adanya inflasi ekonomi, kebijakan ekonomi pemerintah yang berkaitan dengan ekonomi seperti pajak, tarif bea masuk, juga mungkin dengan adanya perubahan selera konsumen yang sudah sangat jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca artikel terkait:

Bagikan artikel ini :
Posted by : Hidayat Jayagiri
Hidayat Jayagiri Updated at: 1:18 AM

Artikel Menarik Lainnya

 
Support : About | Privacy Policy | Kontak | Site Map
Copyright © 2012. www.hidayatjayagiri.net - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template