Home » » Pendidikan Berperspektif Globalisasi

Pendidikan Berperspektif Globalisasi

Written By Hidayat Jayagiri on Wednesday, December 5, 2012 | 9:10 AM


Judul : Pendidikan Berperspektif Globalisasi
Penulis : Nurani Soyomukti
Penerbit : Ar-Ruzz Media – Yogyakarta
Cetakan I : Januari – 2008
Tebal : 215 halaman

Globalisasi diartikan oleh masyarakat kita sebagai bentuk dunia baru yang tanpa sekat dan jarak. Derasnya pemahaman global dalam berbagai tataran bidang kehidupan telah menjadikan manusia modern hidup dalam sebuah "kampung" dunia. Lalu lintas informasi hingga faham bercampur aduk dalam kehidupan masyarakat. Globalisasi telah menciptakan sisi dilematis tersendiri. Satu sisi tidak mungkin dibendung, sisi lain memberikan pengaruh pada nilai-nilai karakter kebangsaan. Termasuk dunia pendidikan sendiri terkena imbasnya.

Pertanyaannya: Apakah negara ini telah menyiapkan pendidikan yang siap menelorkan kaum terdidik yang siap menghadapi tantangan globalisasi? Inilah pertanyaan penting dimana realita pendidikan kita yang kadang seperti air dan minyak dalam menghasilkan sumber daya manusia yang siap fight menghadapi ekses globalisasi. Perubahan kurikulum yang kerap berganti, permasalahan infrastruktur pendidikan, juga masalah mulai pudarnya kearifan lokal turut menjadi keprihatinan dimana pendidikan bak berkutat di lingkaran yang harus terus dibenahi. Padahal, jarum jam globalisasi terus berputar dan merangsek sendi-sendi kehidupan. Di sisi lain, kita malah terus mencari "jurus pertahanan" yang notabene harusnya sudah menunjukkan daya gedor sebagai bangsa yang siap berkompetisi dalam kancah global.

Buku Pendidikan Berperspektif Globalisasi, menawarkan sudut pandang yang berbeda atas berbagai persoalan akan pendidikan dewasa ini. Khususnya dalam dunia pendidikan kita di tanah air yang masih terstigma masih terbelakang dibandingkan dengan negara-negara yang lain. Isi buku ini memberikan koreksi atau pemikiran kembali mengenai ide, konsep, teori dan praktik penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi multi-nasional tanpa mennghapus pendidikan beraroma nasionalis. Bukan karena pendidikan kita masih tertinggal jauh dengan negara lain tapi karena pendidikan yang selalu berkembang secara berkala juga harus melihat bagaimana perkembangan pendidikan di luar. Mengingat saat ini arus globalisasi telah terasa di seluruh lini kehidupan masyarakat dunia. Kita tidak boleh terlena dengan apa yang telah dapat kita lakukan, namun harus terus ada upaya pengembangan yang berpandangan jauh ke depan.

Baca artikel terkait:

Bagikan artikel ini :
Posted by : Hidayat Jayagiri
Hidayat Jayagiri Updated at: 9:10 AM

Artikel Menarik Lainnya

 
Support : About | Privacy Policy | Kontak | Site Map
Copyright © 2012. www.hidayatjayagiri.net - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template