Home » » Pentingnya Perencanaan Bisnis

Pentingnya Perencanaan Bisnis

Written By Info PAUDNI on Saturday, February 9, 2013 | 1:17 PM




Perencanaan bisnis berhubungan dengan hasil yang akan Anda peroleh dari pengembangan usaha yang Anda dirikan. Anda perlu membuat isi rencana bisnis sesuai dengan tujuan Anda. Hindari hanya berpatokan pada garis standar bisnis hanya yang ada sekarang. Sebuah rencana bisnis adalah setiap rencana yang diproyeksikan untuk sebuah bisnis ke depan, mengalokasikan sumber daya, fokus pada poin-poin penting, dan mempersiapkan diri untuk hambatan dan peluang.

Sayangnya, banyak orang berpikir rencana bisnis hanya untuk memulai bisnis baru atau mengajukan pinjaman bisnis. Tapi sebenarnya juga penting untuk menjalankan bisnis tambahan atau upgrade bisnis yang dijalani sekarang. Apakah itu menyangkut kebutuhan pinjaman atau investasi baru. Bisnis perlu berencana untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan prioritas.

Dalam perencanaan bisnis dikenal startup. Sebuah rencana startup adalah sederhana yang mencakup ringkasan, pernyataan misi, kunci sukses, analisis pasar, dan analisis impas modal. Ini semacam rencana yang baik untuk memutuskan apakah akan melanjutkan dengan rencana bisnis baru atau tidak, untuk mengetahui apakah ada bisnis sudah sesuai kejaran target,  atau untuk sekarang cukup dulu dengan bisnis yang ada.

Apakah standar rencana bisnis itu? Sebuah rencana bisnis yang normal (mengikuti nasihat dari para ahli bisnis) termasuk satu set elemen standar. Format rencana bisnis bisa bervariasi, tetapi umumnya sebuah rencana akan mencakup komponen seperti deskripsi perusahaan, produk atau jasa, pasar, prakiraan, tim manajemen, dan analisis keuangan.

Rencana Anda akan tergantung pada situasi khusus Anda. Sebagai contoh, deskripsi dari tim manajemen yang sangat penting bagi investor, di sisi lain hal yang berhubungan keuangan adalah paling penting untuk bank memberikan kredit usaha pada bisnis Anda. Namun, jika Anda sedang mengembangkan rencana untuk penggunaan internal saja, Anda mungkin tidak perlu untuk memasukkan semua rincian latar belakang usaha yang Anda sudah tahu. Buatlah rencana Anda sesuai tujuannya. Intinya, temukan hal-hal baru demi peningkatan kinerja bisnis.

Apa yang paling penting dalam rencana? Hal ini tergantung pada kasus ini, tetapi biasanya itu adalah arus kas analisis dan rincian pelaksanaan spesifik. Arus kas adalah penting untuk perusahaan dan tidak sulit untuk diketahui. Kas biasanya disalahpahami sebagai keuntungan, padahal ini berbeda. Keuntungan tidak menjamin uang tunai di bank, misalnya. Ada juga rincian implementasi usaha, adalah apa yang membuat sesuatu terjadi. Strategi brilian Anda dan dokumen perencanaan hanya indah diformat jika berpijak pada teori semata. Anda hendaknya menetapkan tanggung jawab, dengan membuat analisis sesuai tanggal dan anggaran, menindaklanjuti dengan hasil secara bertanggung jawab, dan track sejarah perjalanan bisnis Anda. Rencana bisnis yang benar-benar dikonsep secara matak akan mendapatkan hasil dan meningkatkan keuntungan perusahaan Anda.
Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat rencana bisnis (baru):
- Deskripsi Perusahaan: Hukum pendirian, sejarah, visi-misi perusahaan pada awal didirikan, dll
- Produk atau Layanan: Jelaskan apa yang Anda jual. Dalam hal ini, fokus pada manfaat pelanggan.
- Analisis Pasar: Anda harus mengetahui pasar Anda, kebutuhan pelanggan, di mana mereka berada, bagaimana untuk menjangkau mereka, dll
- Strategi dan Implementasi: Jadilah spesifik. Termasuk tanggung jawab manajemen dengan tanggal dan anggaran.
- Tim Manajemen: Sertakan latar belakang anggota kunci tim, strategi personil, dan rincian.
- Rencana Keuangan: Sertakan laba rugi, arus kas, neraca, analisis impas, asumsi, rasio bisnis, dll.

Baca artikel terkait:

Bagikan artikel ini :
Posted by : Hidayat Jayagiri
Hidayat Jayagiri Updated at: 1:17 PM

Tips Wirausaha

More on this category »

Pendidikan Keluarga

More on this category »

Translate

 
Support : About | Privacy Policy | Kontak | Site Map
Copyright © 2012. www.hidayatjayagiri.net - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template