http://mlbboards.com
Home » » Usaha Konter HP (Handphone) dan Pulsa

Usaha Konter HP (Handphone) dan Pulsa

Written By Info PAUDNI on Tuesday, February 5, 2013 | 9:54 PM




Aktivitas manusia di zaman sekarang ini tidak lepas dari telepon selular atau biasa kita kenal dengan handphone (HP). Teknologi HP terus berkembang seiring perkembangan zaman. Dulu kita mungkin hanya mengenal SMS atau paling banter MMS, kini pengguna bisa menggunakan HP seperti layaknya komputer mini. Ya, integrasi HP dengan internet telah merevolusi arah perkembangan alat komunikasi ini. Tentunya ini peluang bagi kita, pengguna tidak sekadar menggunakan HP untuk alat komunikasi. Akan tetapi, kini HP telah menjadi media hiburan, pendidikan, media bisnis, dll. Peluang inilah yang dapat kita tangkap sebagai sumber pundi-pundi rupiah yang tidak ada matinya. Lantas, apa saja yang diperlukan untuk membuat konter HP dan jualan pulsa? Semoga tips usaha konter HP di bawah ini bisa memberikan gambaran dan manfaat bagi Anda yang ingin menggeluti  bisnis ini.

A. Apa Saja yang Diperlukan?
Berikut langkah langkah membuka usaha konter pulsa, penjualan, serta servis HP yang berhubungan dengan sarana dan prasarana.

1. Pilih lokasi usaha yang strategis.
Lokasi kadang membawa hoki tersendiri. Ini berhubungan dengan peluang yang bisa dibaca oleh sang pelaku usaha. Untuk mendirikan konter HP dan pulsa, Anda harus mempertimbangkan perputaran transaksi. Maklum saja, usaha ini selain tingkat persaingannya kuat juga nilai keuntungan dari setiap transaksi tidak terlalu besar. Apalagi jika lokasi antarkonter saling berdekatan, bisa terjadi strategi banting harga antar pemilik konter. Anda bisa memilih tempat di rumah (misalnya garasi mobil) atau juga menyewa/membeli lokasi di tempat keramaian, misalnya: di pinggir jalan, kawasan kampus, kawasan pabrik, pasar, dsb. 

2. Siapkan perlengkapan dan peralatan
Peralatan yang dimaksudkan di sini adalah :

a. Stok voucher pulsa
Untuk stok voucher terdiri dari :

• Voucher pulsa fisik
Untuk voucher fisik harus disesuaikan stok dulu karena belum tahu seberapa besar permintaan konsumen dalam bentuk voucher fisik. Kecenderungan orang menggunakan voucher ini sekarang agak kurang.
• Voucher pulsa elektrik
Voucher jenis ini tidak berbentuk fisik tetapi dalam bentuk eletrik yang terdapat di dalam chip HP yang terdaftar di dealer sebagai mitra provider pulsa itu sendiri,tetapi bisa juga mengunakan chip all operator (Telkomsel, Indosat, XL, Fren, Flexi, Esia, Smart, Ceria, Three) yang bisa digunakan untuk isi pulsa konsumen dari bebagai operator provider. Sang pedagang biasanya menyediakan buku untuk mencatat nomor telepon pengguna HP. Biarkan sang pembeli mencatat sendiri, nanti kalau ada kesalahan, kita tidak terlalu ribet karena dia sendiri yang mencatat.

- Stok Handphone baru dan second
Di sini juga harus disesuaikan dulu seberapa besar untuk merek tertentu yang diminati konsumen. Untuk sekarang ini, mungkin Android sedang booming. Harganya yang murah dibanding BlackBerry atau iPhone, fitur yang lengkap, juga banyak aneka pilihan merek menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen membeli Android. Anda bisa melengkapinya dengan HP second. Ini nantinya konter Anda pun bisa dijadikan tempat jual-beli HP bekas. 

b. Etalase serta sarana pendukung yang lain
Etalase ini penting sebagai tempat pembeli melihat-lihat HP, kartu perdana, aksesoris, dsb.

c. Stok aksesoris, spare part HP, dan software 
Untuk aksesoris, Anda bisa melengkapinya dengan menjual charger, baterai, hingga pembungkus HP.  Untuk aksesoris ini biasanya ada kelas-kelas kualitasnya (KW). Perhatikan juga ketersediaan software bagi mereka yang ingin mengupgrade OS HP. Sekarang sudah software yang disediakan untuk pendukung HP, misalnya player musik, ringtone, wallpaper, aneka games, dll.

d. Komputer serta peralatan servis untuk HP
 Komputer untuk mencatat transaksi dan juga  sebagai media jika sebuah HP diservis. Komputer bisa menjadi media untuk menyimpan data (back up) sementara dari HP milik si customer yang memperbaiki HP.

3. Papan nama counter pulsa
Untuk yang ini kita bisa kerja sama dengan yang saling menguntungkan antara pihak provider, karena kita bisa mendapatkan papan nama konter serta pihak provider juga sebagai sarana promosi bagi mereka. Tetapi kalau belum bisa mendapatkan kerja sama kita bisa membuatnya sendiri.

4. Banner atau umbul umbul
Biasanya sales dari provider datang sendiri untuk memberikan media promosi ini secara gratis. Ini merupakan pola kerja sama yang sudah biasa antara pihak ke satu (provider) dengan pihak kedua (pedagang). Kalau belum bisa bekerja sama, kita bisa menghubungi dealer/subdealer/grosir.


B. Peluang Bisnis
Usaha konter pulsa tidak ada kata “mati“ karena semakin hari semakin banyak pengguna alat komunikasi terutama HP serta Ponsel pintar yang lainya yang pasti selalu membutuhkan pulsa. Counter/usaha jual beli atau bisnis handphone (bekas dan baru) serta voucher handphone terus menerus bermunculan. Hal ini seiring dengan semakin memasyarakatnya penggunaan telepon selular di masyarakat.

Hal apa saja yang perlu diperhatikan apabila berminat membuka usaha/ bisnis yang satu ini? Berdagang handphone dan aksesoriesnya masih cukup menarik, mengingat tidak terlalu banyak dana yang diperlukan sebagia modal usaha. Walaupun harus jeli dalam mencari handphone second (bekas) yang bisa didapatkan antara lain di berbagai pertokoan yang tersebar di berbagai lokasi semuanya dengan harga yang bisa ditawar.

Untuk peluang bisnis voucher sendiri ada beberapa kemungkinan (nominal bisa berubah bergantung kondisi ekonomi), yaitu:
- Mengambil dari agen atau mengambil dari provider langsung.
- Misalkan, modal menjadi agen adalah Rp. 250,000,- (joining fee Rp. 200,000,-)
dimana agen mendapatkan harga Rp. 50,750,- untuk voucher sebuah provider yang seharga Rp. 50,000,-

C. Tips Usaha dan Perkiraan Analisis Bisnis 

Tips cara murah untuk membuka usaha dagang HP dan pulsa:
1. Kuatkan tekad, bersabar, ulet dan tentunya berdo'a. Upaya kita dalam usaha ini hanyalah ikhtiar kita selaku manusia. Dalam perjalanan dan hasil usaha yang dilakoni nantinya adalah bagian dari kuasa Tuhan Yang Mahaesa.
2. Carilah informasi sebanyak mungkin, misalnya dengan bergabung dengan para wirausahawan yang telah lama menjalani usaha ini. 
2. Gunakan rumah tinggal untuk mulai buka usaha.
2. Karyakan orang di rumah atau jika ada modal, Anda bisa memperkerjakan karyawan.
3. Di kantor, komunitas, atau tempat lainnya. Hal ini dengan sistem penjualan jemput bola pada mereka yang berminat membeli pulsa.
4. Sering-seringlah hunting ke sentra penjualan hp dan tanyakan harga hp maupun voucher di grosir/agen, biasanya banyak di mall-mall dan pertokoan. Fungsinya untuk mendapatkan harga termurah dan tentunya punya jaringan pertemanan. Carilah mitra yang kredibel dengan mendapatkan informasi dari pelaku usaha HP/pulsa yang telah lama melakoninya.
5. Anda juga bisa mengakses internet untuk mengupdate informasi terbaru mengenai trend HP di masyarakat.
6. Jalin komunikasi yang baik dengan konsumen. Ini akan menjadi pengikat Anda dengan konsumen. Konsumen yang terpuaskan dengan pelayanan Anda biasanya akan berlangganan membeli HP atau membeli pulsa di konter Anda. Misalnya, sang pembeli puas dengan layanan pengisian pulsa alias tidak pending terlalu lama atau salah nomor. Jika ada perbaikan HP atau pengisian pulsa yang salah, Anda bisa menawarkan garansi bagi konsumen. Anda juga bisa memberikan reward kepada konsumen yang menjadi pelanggan setia, misalnya diberi payung, bonus pulsa, atau jam dinding dalam tiap momen tertentu, misalnya saat menjelang Idul Fitri.
7. Lihat peta persaingan dengan pedagang serupa yang ada di sekitar Anda. Ini sebagai antisipasi jikalau ada alternatif baru bagi konsumen, misalnya dengan harga relatif murah dan serba lengkap. Bisa-bisa konter Anda nantinya menjadi sepi jika tidak diantisipasi. Inilah nanti diperlukan analisis pasar dan perilaku konsumen.
8. Jika perlu, perpanjang operasional konter Anda. Misalnya standar tutup kios pukul 17.00, kita baru tutup pukul 22.00.  Ini akan membuka peluang tambahan hasil. Tidak sedikit orang yang memerlukan pulsa di malam hari.
 
Perkiraan modal dan biaya pengeluaran:
- Sewa Lahan 1m x 1m200.000         Rp. 300.000,00/bln
- 1 buah etalase (bekas – baru)         Rp. 500.000,00 – Rp.1.000.000,00/ 1x3)
- Honor SDM                    Rp. 600.000,00/bln
- Operasional, transportasi dan adm    Rp. 200.000,00/awal
- Voucher perdana                Rp. 500.000,00/awal
- Voucher pulsa (fisik dan elektronik)    Rp.1.200.000,00– Rp.1.500.000,00/awal
- Aksesoris ponsel                Rp. 500.000,00/awal
- Peralatan servis dan bahan         Rp. 200.000,00/awal
- Marketing awal (brosur, hadiah)        Rp. 50.000,00/awal
- panduan, pelatihan            Rp. 1.500.000,00/awal 

Jumlah Modal Awal               ± Rp. 6.000.000,00

Modal Konter dan Servis HP 
- Meja, rak kerja servis dan kursi kerja        Rp. 700.000,00
- Peralatan servis hardware hp            Rp. 2.700.000,00
- Peralatan servis software hp            Rp. 5.800.000,00
- Bahan servis awal                    Rp. 200.000,00
- Administrasi awal                    Rp. 100.000,00
- Aksesoris, sparepart dan operasional awal    Rp. 500.000,00
- BO system keuangan, panduan, pelatihan    Rp. 2.000.000,00  

Total modal awal                    Rp. 12.000.000,00 

Pengeluaran rutin
- SDM/bulan                Rp. 800.000,00
- Listrik/bulan                Rp. 150.000,00
- Bahan servis habis pakai        Rp. 150.000,00

Total pengeluaran bulanan    Rp. 1.100.000,00

* Catatan: Nominal uang di atas tidaklah baku. Ini hanya sekadar contoh. Harga bisa mengikuti fluktuasi ekonomi saat sekarang.

Baca artikel terkait:

Bagikan artikel ini :
Posted by : Hidayat Jayagiri
Hidayat Jayagiri Updated at: 9:54 PM

Artikel Menarik Lainnya

 
Support : About | Privacy Policy | Kontak | Site Map
Copyright © 2012. Informasi PAUDNI, Peluang Usaha, Parenting, dan Pemberdayaan Masyarakat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template