http://mlbboards.com
Home » , , » Agar Anak Mudah Mendapat Teman

Agar Anak Mudah Mendapat Teman

Written By Andiana Moedasir on Wednesday, March 20, 2013 | 11:56 PM




Orangtua mana yang tidak waswas bila anaknya mulai beranjak besar dan mengenal lingkungannya. Anak tetangga menjadi teman pertamanya. Kemudian bila masuk playgroup, akan semakin beragam karakter temannya. Jika si anak masuk TK, sudah tak terhitung lagi berapa banyak temannya.

Cemas? Tentu! Bingung? Ya! Tapi anak kebanyakan teman ternyata sama mencemaskannya bagi para orangtua yang mempunya anak pemalu dan agak sulit bergaul. Jangankan di lingkungan baru, kadang pertemuan keluarga besar pun membuatnya tak nyaman. Betul?

Sebenarnya orangtua tak perlu khawatir berlebihan karena anak sudah punya kepekaan lingkungannya sendiri. Ini alamiah. Biarkan anak merasakan sendiri bagaimana memilih teman yang membuatnya nyaman. Bahasa tubuhnya bisa terbaca bagaimana dia memasuki lingkungan barunya.

"Anak-anak mulai khawatir tentang persahabatan pada usia tujuh tahun ketika mereka memasuki fase perkembangan kognitf. Tetapi tingkat kecemasan orangtua tentang interaksi sosial anaknya jauh lebih tinggi," ujar Ellen Kennedy Moore, seorang psikolog klinis dan co-author bky Smart Parenting for Smart Kids.

Ada beberapa tips yang dirangkum agar anak mudah mendapat teman dengan mudah:

1. Melatih Anak Dengan Lembut
Lingkungan baru di mana pun pastilah menakutkan bagi anak-anak. Cobalah Anda melatih anak untuk merasa nyaman dan belajar berani. Latih mereka cara bersalaman, tersenyum ramah, menyapa terlebih dahulu, menatap mata lawan bicara, hingga berbincang dengan nyaman. "Anda harus membangun kepribadian anak karena tidak semua anak terlahir extrovert," ujar Moore.

2. Jangan Berlebihan
Jangan memaksa anak untuk berteman dengan si A dan menjauhi si B. Hindari pengaturan dalam pertemanan anak Anda. Moore menjelaskan, "Perasaan anak mudah berubah. Misalkan suatu hari dia pulang dan berkata, 'Aku benci Stuart,' dan seminggu kemudia mereka justru menjadi teman yang baik."

3. Melatih Keingintahuan Anak
Karakter setiap anak pastilah berbeda, bahkan anak kembar sekali pun. Jika anak Anda termasuk tipe yang sulit bergaul, cobalah membantunya untuk fokus pada satu hal yang ia minati terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melihat kecenderungan yang diminati mereka. Lawrence J. Cohen, psikolog dan penulis buku Playful Parenting mencoba membantu Anda membimbing anak dengan berkata, "Orangtua harus bertanya pada anak mereka, mulai dari apa yang telah mereka coba? Bagaimana pelajarannya? Aoa yang dapat mereka coba berikutnya?"

4. Melihat Kegiatan Anak Secara Langsung.
Awasi dan lihatlah apa pun kegiatan yang dilakukan oleh anak Anda. Bisa saja mendelegasikan tugas ini kepada orang lain saat Anda bekerja. Kepada guru, tentu saja saat buah hati Anda bersekolah. Dengan mengawasinya, Anda jadi mengetahui perkembangan pergaulan anak secara lengkap.

5. Mengatur Kegiatan Anak
Coba untuk mengajak anak ke sebuah kegiatan atau acara sosial yang memang mengharuskan anak untuk bersosialisasi. Cara ini mempermudah anak menemukan teman baru dan belajar mengenal dunianya yang berbeda.

6. Perhatikan Temannya.
Ketika melihat buah hati Anda sedang bermain dan berbincang dengan temannya, itu perkembangan yang positif. Tetapi bila yang terjadi adalah intimidasi, maka Anda harus segera bertindak dan melindungi buah hati.

7.  Merasakan Apa yang Dirasakan Anak
Bila anak Anda merasa kesulitan ketika mendapat teman baru, bisa saja Anda memberi perhatian ekstra kepadanya. "Anak-anak membutuhkan Anda untuk memahami perasaanya," ujar Cohen.

Jadi, sekarang Anda sudah siap melihat anak-anak memiliki banyak teman?

Baca artikel terkait:

Bagikan artikel ini :
Posted by : Hidayat Jayagiri
Hidayat Jayagiri Updated at: 11:56 PM

Artikel Menarik Lainnya

 
Support : About | Privacy Policy | Kontak | Site Map
Copyright © 2012. Informasi PAUDNI, Peluang Usaha, Parenting, dan Pemberdayaan Masyarakat - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template