http://mlbboards.com
Home » » Alasan Anak Membutuhkan Istirahat di Sekolah

Alasan Anak Membutuhkan Istirahat di Sekolah

Written By Andiana Moedasir on Sunday, March 10, 2013 | 11:03 AM




Bila seorang anak terus menerus belajar tanpa jeda, apa yang akan terjadi? Gelisah dan hilang konsentrasi, tentu saja. Maka ini yang menjadi alasan utama mengapa harus ada istirahat ketika anak-anak bersekolah. Setidaknya, minimal 15 menit mereka keluar bermain dan melepaskan penat setelah berjam-jam menerima berbagai materi pelajaran.

Sebuah penelitian terhadap 11.000 anak berusia sembilan tahun yang dilakukan beberapa lembaga pimpinan Albert Einstein College of Medicine di New York belum lama ini menemukan bahwa anak-anak yang mendapat waktu istirahat minimal 15 menit setiap hari, akan berkelakuan lebih baik di kelas. Bayangkan saja, hanya 15 menit di antara jam-jam pelajaran. Menurut ketua penelitian, Romina Rabbos, M.D., seorang dokter anak subspesialis tumbuh kembang, hal itu terjadi karena setelah berjam-ajm berkonsentrasi, mereka punya kesempatan mengistirahatkan otak sebelum kembali menyerap aneka informasi baru.

Dr. Barros memutuskan melakukan penelitian setelah melihat proses belajar mengajar di sebuah kelas pasien kecilnya untuk mengetahui tingkat kegelisahan yang dialami si pasien kecil dan teman-temannya pada saat jam makan siang. Di kelas tersebut, semua tugas diberikan tanpa jeda dan hanya ada waktu selama 15 menit untuk snack time.

"Mereka bahkan dilarang berdiri dan berjalan-jalan di dalam kelas. Makin lama suasana menjadi tegang dan pada tengah hari ketika istirahat makan siang, saya merasa sakit kepala," kenang DR. Baros. "Butuh waktu selama 15 menit untuk membujuk murid-murid agar berbaris rapi. Mereka benar-benar gelisah."

Apa yang dirasakan anak-anak ketika mulai rewel dalam kelas. Itu sebenarnya indikasi bahwa mereka kelelahan. Orang dewasa pun membutuhkan (dan mungkin sedikit menuntut) waktu istirahat di sela jam kerja. Seperti ke pantry untuk membuat kopi, bisa menjadi pemulih tenaga dan mood untuk bekerja. Itu juga yang diinginkan dan dibutuhkan si kecil. Mereka bisa kembali bersemangat belajar setelah bermain di luar kelas untuk mengurangi beban stres saat menghadapi tuntutan belajar.



Baca artikel terkait:

Bagikan artikel ini :
Posted by : Hidayat Jayagiri
Hidayat Jayagiri Updated at: 11:03 AM

Artikel Menarik Lainnya

 
Support : About | Privacy Policy | Kontak | Site Map
Copyright © 2012. Informasi PAUDNI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template