Home » » Tips Memulai Usaha Dagang Online (Bagian 1)

Tips Memulai Usaha Dagang Online (Bagian 1)

Written By Hidayat Jayagiri on Tuesday, June 18, 2013 | 11:36 PM

Perkembangan dunia internet di Indonesia maju sedemikian pesat. Namun sayangnya, para pelaku di dalam bisnis yang melibatkan usaha online ini masih terbilang langka. Alasannya karena paradigma berpikir para user media jejaring sosial di komputer, pengguna Android, atau BlackBerry masih sebatas sebagai pengguna tulen, bukan sang pelaku usaha. Padahal, kehidupan sekarang ini tidak lepas dari isi status, komentar, atau sekadar surfing, dan browsing di internet. Ini sebetulnya bisa menjadi ajang media bisnis bagi kita bila kita pandai dan tahu ilmu untuk memberdayakan segala fasilitas yang ada. Pernahkah Anda mendengar ada orang yang jualan sayur melalu jejaring dunia internet? Silakan Anda searching sendiri di Google untuk membuktikannya. Ini berarti ranah peluang usaha dunia maya bisa menembus sampai hal yang sebelumnya tidak kita pikirkan. 

Mungkin juga Anda pernah melihat tukang bakso atau tukang cendol yang menggunakan media handphone untuk menerima pesanan dagangannya dari para pelanggan di sekitar kompleks perumahan? Hal tersebut jika dilihat sebetulnya remeh namun memberi dampak besar, salah satunya waktu dan pelayanan bisa lebih dipangkas daripada capek berkeliling mengitari jalan di seputaran kompleks. Nah, lantas bagaimana jika Anda sendiri punya jaringan internet di rumah? Smartphones sudah canggih? Atau gadget lain sudah ada di hadapan Anda? Apakah Anda akan tetap diam menggunakan benda-benda teknologi terkini tersebut hanya sebatas untuk chatting-an? Sayang sekali jika tidak diberdayakan.

Tips-tips berikut mungkin bisa memberikan manfaat bagi Anda yang ingin belajar serius menggeluti usaha dagang online. Apa saja langkah-langkahnya? Berikut ini gambarannya:

1. Siapkan peluang usaha apa yang akan Anda kembangkan

 Misalnya ada teman yang punya produk tapi terkendala dalam pemasaran. Anda bisa menjadi reseller. Siapkan barang tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan modal. Anda berposisi hanya sebagai membantu penjualannya. Anda bisa dapat komisi atau mendapat keuntungan dari kelebihan harga penjualan.

2. Siapa sajakah target pasar Anda? 

Bisa teman sekolah, teman pergaulan, komunitas, atau tetangga sekalipun. Minimal, Anda sudah punya PIN BlackBerry mereka atau nomor telepon mereka yang bisa dihubungi via SMS, WhatsApp, Kakao, Line, dan semacamnya. Lingkaran terkecil dari jaringan Anda merupakan potensi besar yang nantinya bisa Anda kembangkan. Pola jualan online secara berantai bisa Anda lakukan di sini. Misalnya, Anda punya produk bantal harganya Rp. 40.000,-, terus teman atau kerabat Anda berniat ingin menjual juga. Naikkan harga jual menjadi Rp. 45.000,- misalnya. Teman atau kerabat Anda itu dalam istilah MLM telah menjadi "downline" Anda.

3. Mulai belajar ekspansi sarana promosi

Akan lebih baik jika Anda mempunyai banyak media sebagai sarana promosi. Untuk jaringan online, Anda bisa menggunakan blog, website, atau situs-situs toko online gratisan yang sudah banyak tersebar di internet. Jika Anda misalnya kesulitan cara membuat blog, cobalah Anda "bertanya" pada mesin pencari semacam Google. Ketikkan keyword/kata kunci, misalnya "cara membuat blog untuk pemula". 

Syukur-syukur jika Anda sudah akrab dengan dunia pembuatan blog atau website. Jika Anda ingin membuat domain sendiri, mudah saja, tinggal mengalihkan alamat blog Anda menjadi nama usaha/pribadi di .com, .net, dll. Dengan harga sewa domain maksimal 100 ribu per tahun, Anda sudah memiliki nama domain sendiri. Caranya? Cobalah cari situs-situs yang menyediakan jasa sewa domain atau hosting. Minta bantuan admin situs penyewaan tersebut. Mereka biasanya akan membantu menjawab pertanyaan Anda dengan senang hati sampai Anda punya domain sendiri. Inti dari pembuatan blog atau website adalah adanya bagian desain/template, pengelola konten, dan juga webmaster yang bertanggung jawab mempromosikan web/blog, misalnya blog/website bisa ada di urutan teratas dalam pencarian di search engine.

Baca artikel terkait:

Bagikan artikel ini :
Posted by : Hidayat Jayagiri
Hidayat Jayagiri Updated at: 11:36 PM

Artikel Menarik Lainnya

 
Support : About | Privacy Policy | Kontak | Site Map
Copyright © 2012. www.hidayatjayagiri.net - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template